KOPERASI SERBA USAHA/SAWIT MANNUNGGAL BERIKAN MAANFAT BAGI MASYARAKAT PENGADAN BARU

GERAKANAKTIF.NET, SANGATTA – Menjamurnya perusahaan perkebunaan di ranah Kutim beberapa tahun belakangan tanpa dipungkiri telah membuat perubahan dratis status ekonomi masyarakat sekitar tempat dimana perusahaan tersebut melakukan kegiatannya ibarat anak panah yang terlepas dari busur sawit menjadi komoditi yang bernilai ekonomis yang tinggi sekali dan menjadi pemicu maraknya para pemilik modal untuk menginvestasikan investasinya. Di dalam perjalanan investasi tersebut salah satu kewajiban yang sangat penting bagi perusahaan adalah membentuk mitra kerja yaitu koperasi sebagai wadah petani perkebun yang seiring waktu secara bersama-sama turut mengelola terhadap sawit yang dihasilkan. Melalui koperasi yang dibentuk itulah tercipta kerjasama yang baik dan dinamis seiring masa HGU yang dimiliki perusahaan.

Di desa Pengadan Baru kecamatan Kaubun terdapat koperasi perkebunan yang bernama manunggal , Koperasi ini telah berjalan beberapa tahun belakangan seiring dengan masuknya PT. GUNTA SAMBA yang selanjutnya mengadakan kerjasama antara Inti dan Plasma.

Koperasi serba usaha/sawit manunggal sendiri diketui oleh Sosok Jawahir yang telah dipercaya masyarakat di beberapa tahun belakangan. Sementara untuk posisi bendara ditempati oleh Hasan.

Menanggapi keberadaan perusahaan dan manfaatnya bagi masyarakat ketua koperasi Jawahir mengatakan untuk masalah kemitraan kerja sudah maksimal dan terus berupaya menciptakan hubungan yang lebih baik lagi dengan pihak perusahaan agar masyarakat yang  termasuk di dalam keanggotaan koperasi dapat ikut serta merasakannya.(fangky)

Tinggalkan Balasan