Pengusaha Muda Berjiwa Sosial

Lukman Nur Hakim, SE Direktur PT. Trans Kaltim Energi

www.gerakanaktif.net, Paser – Lukman Nur Hakim, SE bukanlah nama asing di kalangan pelaku bisnis, terutama pebisnis BBM. Di Kalimantan Timur, nama Lukman Nur Hakim bahkan dikenal oleh semua kalangan dan lapisan sosial masyarakat, dari masyarakat biasa hingga pejabat, dari tukang becak hingga pengusaha. Kalau sekarang Lukman Nur Hakim menjadi pengusaha sukses dengan bendera PT. Trans Kaltim Energi, itu bukan prestasi yang didapat dengan mudah. Pencapaian saat ini diraih berkat perjuangan dari bawah dengan modal kerja keras.
PT. Trans Kaltim Energi lahir di Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Pada usia yang relatif muda, Lukman Nur Hakim kuliah di Bogor, setelah menyelesaikan Kuliah Sarjana Ekonomi dan mulai mencari peruntungan dengan bekerja di salah satu Bank di Bogor. Dilahirkan dari keluarga sederhana, Lukman Nur Hakim terbiasa bekerja keras. Lukman Nur Hakim bekerja dan berdagang apa saja asal halal demi sesuap nasi. Sebelum akhirnya meneruskan usaha orang tuannya di bisnis BBM.
Menurut Lukman Nur Hakim, Orang Tuanya H Norman IM mulai merintis bisnis BMM sekitar tahun 2007-an. Pada tahun yang sama mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang BBM. Bisnis ini semakin tahun terus mengalami peningkatan seiring dengan banyak Perkebunan sawit dan pertambangan batu bara di paser, dan puncaknya di tahun 2016 H Norman IM menyerahkan Bisnisnya kepada anak sulungnya Lukman Nur Hakim untuk meneruskan usahanya.
Bagi masyarakat tanah Grogot, Lukman Nur Hakim tidak hanya dikenal sebagai pengusaha, tetapi sosok berjiwa sosial yang berbisnis tidak sekadar untuk mencari untung bagi diri sendiri. Lukman Nur Hakim sadar benar bahwa perusahaan bisa berkembang bila dibarengi dengan pengembangan perekonomian masyarakat sekitar. Mustahil sebuah perusahaan bisa berkembang bila tanpa diikuti pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar. Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar, Lukman Nur Hakim memberikan bantuan bagi orang yang membutuhkan baik yang datang kerumah ataupun lainnya.
Lukman Nur Hakim intens membantu warga yang berekonomi lemah serta anak yatim, tidak sekadar sebagai pemenuhan kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR), tetapi juga merupakan panggilan jiwa seorang pengusaha. Menurut Lukman Nur Hakim, kehadiran sebuah perusahaan di manapun mereka berada harus menjadi penebar cinta kasih kepada sesama yang miskin dan berkekurangan.
“Kehadiran perusahaan kami bukan hanya bisa dinilai sisi komersil. Kita harus menerapkan sistem win-win solution kepada masyarakat. Apa yang kita terima dari masyarakat, dari konsumen, kita harus juga memberi kepada orang lain,” tutur Lukman Nur Hakim beberapa waktu lalu.
Hal yang patut dicontoh dari Lukman Nur Hakim adalah tekadnya mengembangkan perusahaan orang Tuannya sejalan dengan kemajuan taraf hidup masyarakat sekitar. Bagi Lukman Nur Hakim, masyarakat, harus mendapatkan imbal balik yang adil. Saat ini Lukman Nur Hakim menjadi salah satu dari sedikit pebisnis BBM di Paser.
Sementara itu, Asep Warga Tana Grogot menilai Lukman Nur Hakim sebagai sosok yang memiliki dedikasi yang tinggi. “Selama hidup saya mungkin hanya dia yang saya kenal memiliki dedikasi tinggi untuk kontribusi masyarakat,” kata Asep.
Kesaksian lain disampaikan Amir Husein, Warga Pasir Mayang. “Pak Lukman Nur Hakim figur yang visioner, impiannyanya sangat bagus untuk membuat masyarakatnya lebih baik. Orangnya Tegas dan Berpendirian, namun hatinya lembut, memiliki dampak positif yang cukup luas ke masyarakat akar rumput.”(Aliansyah)

Tinggalkan Balasan