“TABANG” Terlibat dalam Hari Aids Sedunia, Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Tabang Menjadi Sasaran BUMA

Gerakan Aktif-KUKAR. Pada tahun 1988, di dalam pertemuan Menteri Kesehatan sedunia peringatan hari terdapat pembahasan mengenai berbagai program untuk pencegahan AIDS yang kemudian sejak saat itu setiap tanggal 1 Desember menjadi “Hari AIDS Sedunia” guna menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.
Hari besar sedunia ini, menjadi momentum BUMA Jobsite Indonesia Pratama untuk melakukan satu perhatian nyata kepada masyarakat lingkar tambang yaitu siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Tabang. Sepakat akan bahaya atas peredaran dan penyalahgunaan Narkoba dewasa ini, khususnya di kalangan pelajar serta meningkatnya temuan kasus HIV/AIDS maka BUMA dan SMA Negeri 1 Tabang menyelenggarakan sosialisasi HIV/AIDS dan Narkoba pada hari Selasa, 10 Desember 2019 di Gedung Serba Guna Desa Bilatalang Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara.

Andy Setiawan
Andy Setiawan (Manager BUMA)

Dalam hal ini,mengutip dari sambutan Andy Setiawan (Maintenance & Coal Hauling Manager) bahwad alam sambutannya, Bapak Andy Setiawan selaku Maintenance & Coal Hauling Manager BUMA Jobsite Indonesia Pratama menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program dari CSR BUMA di tahun 2019. “ Virus HIV bukanlah hal yang baru, namun untuk menciptakan antisipasi dan kewaspadaan akan penyebaran kepada generasi muda sangatlah penting sehingga kehadiran BUMA di tengah Masyatrakat lingkar tambang dapat terasa secara nyata dan menciptakan perubahan positif di kemudian hari” Terang Andy Setiawan.
Selain itu, Dokter Axel Ivander (Dokter Site) juga menyampaikan materi Sosialisasi yang melibatkan Dokter site BUMA Jobsite Indonesia Pratama, Wakapolsek Tabang, dan ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) sebagai Narasumber diawali dengan pemutaran video tentang bahaya Narkoba yang akhirnya berimbas pada penularan virus HIV/AIDS.
Setelah pemutaran video, Dokter Axel Ivander menjelaskan terkait Narkoba dan HIV dari kacamata medis. Pada kesempatan yang diberikan, Dokter (Axel Ivander-red) menjelaskan lebih lanjut mengenai:
1. Narkoba:
a. Pengartian Narkoba
b. Sejarah Narkoba
c. Penggunaan Narkoba di Dunia
d. Hubungan Narkoba dengan virus HIV
2. HIV/AIDS:
a. Pengartian HIV dan AIDS
b. Estimasi ODHA di seluruh Dunia dan Indonesia
c. Perkembangan Virus HIV
d. Cara Penularan
e. Pencegahan secara Medis
Setelah sesi pemaparan dari Dokter Axel, Bapak Ketut selaku Wakapolsek Tabang juga memberi materi tentang Perundangan terkait, Penggolongan Narkoba, Jenis – jenis narkoba, dan Ketentuan Pidana bagi penyalagunaan Narkoba.
Selalin itu, salah satu Narasumber spesial yang dihadirkan oleh BUMA pada agenda ini, Berbeda dengan sesi yang diberikan oleh Narasumber sebelumnya, dengan mengisi sesinya dengan sharing pengalaman pribadinya dari awal mengenal Narkoba sampai dengan teridap virus HIV.
Penjelasan yang dilakukan oleh para narasumber dilakukan sejelas mungkin dan dibawa dengan santai tanpa mengurangi betapa seriusnya issue yang diangkat pada acara tersebut, sehingga perserta yang merupakan pelajar tingkat akhir ketika akan melanjutkan kuliah ataupun langsung bekerja memiliki benteng yang kokoh sehingga tidak rentan terlibat pergaulan bebas.
Setelah sesi penyampaian materi oleh seluruh Narasumber, acara dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Penghargaan dari Pemerintah Kecamatan Tabang kepada BUMA dan penyerahan Plakat dari BUMA kepada unsur Muspika dan Pihak Sekolah.
Di akhir kegiatan, baik dari unsur Muspika Tabang dan juga Pihak Sekolah menyampaikan ucapan terima kasih yang begitu besar kepada BUMA atas terselenggaranya agenda ini dan berharap agenda ini menjadi agenda rutin di kemudian hari sehingga niat BUMA dalam menciptakan agen-agen baru untuk mensosialisasikan dan mengurangi penyebaran Virus HIV dan Penggunaan Narkoba dapat terwujud.
Sesuai dengan salah satu nilai inti BUMA yaitu Peduli, kedepannya BUMA Jobsite Indonesia Pratama akan menjalankan program-program sosial yang dapat memberikan nilai manfaat lebih kepada masyarakat lingkar tambang.

Tanjung
Bpk Tanjung (Humas BUMA)

Diwaktu terpisah, Pak Tanjung selaku Humas sempat menjelaskan ” Dalam pelaksanaan agenda CSR BUMA sangat terasa dukungan dari pihak Sekolah sampai dengan Unsur Muspika. Hal ini memperjelas bahwa  terdapat perhatian yang besar bagi calon-calon penerus Bangsa, khsusnya generasi muda di Kecamatan Tabang. Semoga apa agenda baik seperti ini dapat terus kami jalankan secara rutin” jelas Tajung. GA//*mrg

Tinggalkan Balasan